Aturan Memilih Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

loading...

Aturan Memilih Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan - Karena terlalu banyak makan, berat badan akan naik. Kedengaran wajar saja, tetapi banyak orang yang kalau ditanya tidak mau mengakui hal ini; malah sebaliknya sering terdengar ucapan: ”Tidak, saya tidak makan apa-apa, kok!” Jujur sajalah pada diri sendiri dan perhitungkan setiap keping makanan yang kita jejalkan ke dalam mulut kalau dijumlahkan jadi banyak juga. Bila anda menginginkan berat badan yang ideal maka jangan pernah berkata: ”Masa bodoh, memang saya gemuk. Segalanya ikut berperan, baik itu cara makan yang sehat maupun olahraga, hanya mengemil makanan rendah lemak sampai tidak mengemil biskuit cokelat pada pukul 16.00, dan memilih minuman diet. Sebelum menentukan pilihan menu diet sehat menurunkan berat badan, pahami dulu aturan-aturannya berikut ini :
menu makanan diet sehat menurunkan berat badan,cara diet sehat menurunkan berat badan,badan secara alami,tips sehat menurunkan berat badan,dan murah,sehat dan benar,

1. Takaran penyajian yang sesuai
Susunan yang dianjurkan untuk penyajian menu sehat diet sehari-hari adalah: 6 porsi seralia atau padi-padian (roti dan bubur sereal), 5-7 porsi buah dan sayur, 2-3 porsi produk susu, dan 2-3 porsi protein. Sekilas takaran ini kelihatan banyak, tetapi dalam kenyataannya satu porsi jumlahnya jauh lebih sedikit dari yang kita duga.

2. Mengemil ria
Mengemil atau tidak? Ini kadang menjadi masalah. Yang jelas, sulit untuk benar-benar menghindari jajanan atau camilan. Lagi pula wajar saja kalau kita merasa lapar setiap beberapa jam sekali, jadi kalau kita benar-benar ingin mengemil di antara waktu makan, kemungkinan badan kita membutuhkan bahan bakar. Masalahnya camilan apa yang aman? Meskipun kita cenderung menggampangkan dan asal saja memilih camilan, ada baiknya kalau kita memilih camilan kita secara cermat. Kalau masih pagi boleh saja kita memilih makanan yang manis, tetapi jenis makanan ini bisa berdampak buruk bagi stabilitas badan kita jika disantap menjelang sore. Akan lebih baik kalau kita memilih buah, keju, atau kacang-kacangan.

3. Tertib menentukan besarnya porsi
Kalau anda termasuk orang yang enggan bersusah payah menimbang makanan, kemungkinan besar anda memiliki kebiasaan makan terlalu banyak sekali santap. Anda bisa bebas makan sayuran sebanyak mungkin sekehendak hati kita (kecuali kentang), tetapi harus berhati-hati dengan buah-buahan. Ada buah yang memiliki kandungan gula cukup tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengurangi berat badan, jangan makan terlalu banyak nanas, pisang, mangga, dan markisa. Yang aman adalah buah yang berkulit keras dan awet seperti apel dan pir.

4. Jangan anti terhadap makanan tertentu
Cara tercepat untuk makan secara tidak sehat adalah memilah-milah makanan ke dalam jenis makanan sehat dan makanan tidak sehat. Kecuali meningkatkan kebiasaan makan yang berlebihan, cara ini juga menciptakan kebiasaan mengemil. Dengan bersikap anticokelat, akibatnya yang terpikir justru cokelat, cokelat, dan cokelat. Santai saja, biarkan diri kita menikmati sepotong kecil cokelat sekali saja dalam sehari, maka kita sudah puas. Sebenarnya tidak ada makanan yang baik atau buruk.

5. Minum lebih banyak air
Penelitian membuktikan bahwa tiga dari empat orang mengalami dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh. Orang dewasa rata- rata memerlukan delapan gelas (2 liter) air sehari, karena cairan yang keluar melalui air seni, pernapasan, dan keringat dapat mencapai 3,5 liter sehari. Minum air 2 liter sehari kesannya terlalu banyak, tetapi sebenarnya tidak juga, karena kita cuma minum setengah gelas setiap satu jam atau dua tegukan setiap setengah jam selama kita terjaga.

6. Minum vitamin dan mineral
Idealnya kita memperoleh semua kebutuhan gizi dari asupan makanan sehari-hari sehingga tidak perlu asupan tambahan. Sayangnya gizi yang lengkap sulit didapat di zaman ini karena zat gizi dalam makanan kita banyak yang hilang selama proses penyiapan, jadi kita harus melakukan sesuatu demi kesehatan kita sendiri. Bagi orang yang tidak mau repot-repot mengatur soal makanan, multivitamin dapat mengisi aneka kebutuhan badan kita.

7. Jangan melewatkan waktu makan
Apakah kita tergolong orang yang sangat suka makanan manis sepanjang hari? Atau kita sering merasa ingin tidur di meja kerja setiap selesai santap siang? Atau kita merasa perlu langsung makan setiap kali merasa lapar supaya tidak gemetar? Kalau demikian, masalahnya terletak pada pilihan jenis makanan yang kita santap. Jika kita terlalu banyak menyantap makanan yang mengandung zat gula, kadar gula dalam darah akan meningkat terlalu cepat sehingga badan kita bereaksi untuk menetralkannya. Inilah faktor penyebab turunnya kadar gula dalam darah yang kemudian membuat kita lemas, mengantuk, dan uring-uringan. Siasat atau kiat yang harus diterapkan adalah makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering, dan tetap makan pada waktunya.

Aturan Memilih Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: erick rezi