Manfaat Beras Merah Untuk Diet

loading...

Manfaat Beras Merah Untuk Diet - Pernahkah Anda menyantap nasi merah? Kebanyakan orang mungkin tak suka sebab teksturnya agak keras dan pera. Sebab lainnya adalah harganya yang lebih mahal dibanding beras putih biasa. Meskipun kita mengerti jika beras merah lebih bernutrisi dibanding beras putih. Beras merah memiliki antosianin sebagai zat warna alami yang menjadikannya berwarna merah. Senyawa Antosianin sendiri memiliki kemampuan anti-kanker, antioksidan anti tekanan darah tinggi sekaligus anti-hiperglikemik. Manfaat beras merah untuk diet pun sudah terbukti dari hasil penelitian.
cara memasak beras merah,untuk kecantikan,tubuh kita,diabetes,cara memasak beras merah untuk diet,untuk fitnes,kalori beras merah,kegunaan beras merah,

Beras merah kebanyakan berupa beras tumbuk atau beras pecah kulit yang cuma dipisahkan sekamnya sehingga hanya mengurangi sedikit nutrisi beras. Sementara beras putih biasanya berupa beras yang digiling atau dipoles sehingga kulit arinya sudah hilang. Beras merah kerap dimanfaatkan sebagai salah satu menu diet dan juga cocok untuk pengidap kencing manis. Beras merah dikategorikan makanan pokok dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Manfaat beras merah untuk diet terutama karena kandungan kalorinya yang rendah yakni hanya 110 kalori tiap porsi, mengndung 2 g protein serta serat. Beras merah pun sebagai pensuplai kebutuhan mineral berupa magnesium, phospor, vitamin B1, pyridoxine, niacin, zat besi serta seng.

Suatu penelitian yang dijalankan dalam 6 minggu yang kemudian dipublikasikan tahun 2008 pada “Nutrition Research” membuat perbandingan penurunan berat badan dari peserta yang hanya mengkonsumsi makanan pengganti nasi putih dan peserta yang mengkonsumsi campuran beras merah dan beras hitam. Hasilnya Partisipan yang mengkonsumsi campuran beras merah dan beras hitam mengalami penurunan berat badan dan lemak lebih besar bila dibanding peserta yang cuma mengkonsumsi makanan pengganti nasi putih.

Beras merah mempunyai kandungan kalori sedikit sebab kandungan serat dan air yang di dalamnya. Makanan dengan kandungan kalori rendah lebih mudah mengurangi berat badan bila dikonsumsi teratur. Manfaat beras merah untuk diet pun bisa menghilangkan lemak tubuh. Suatu kajian yang dipublikasikan tahun 2008 di American Journal of Clinical Nutrition mendapati bahwa mereka yang melakukan diet rendah kalori diantaranya dengan mengkonsumsi beras merah lebih banyak kehilangan lemak tubuh ketimbang mereka yang menjalankan diet rendah kalori yang mengkonsumsi sumber biji-bijian olahan. Biji-bijian memiliki kandungan serat tinggi sehingga lebih membuat kenyang lebih lama.

Indeks glikemik beras merah yang rendah sangat bagus untuk orang yang sedang diet sebab bisa mengontrol penyerapan kalori berlebih oleh tubuh. Makan beras merah dengan teratur mampu mengurangi tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau yang dinamakan kolesterol buruk sekaligus menjaga tingkat high-density lipoprotein (HDL) tubuh. Konsumsi beras merah pun akan menunjang gerakan usus tetap normal sehingga bisa mengatasi susah BAB. Bila metabolisme tubuh lancar maka dengan sendirinya berat tubuh pun akan mengarah ke berat ideal.

Manfaat Beras Merah Untuk Diet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: erick rezi