Tips Cara Diet untuk Ibu Menyusui yang Efektif dan Aman

loading...

Tips Cara Diet untuk Ibu Menyusui yang Efektif dan Aman - Keinginan menurunkan berat badan tak hanya berlaku bagi wanita dalam kondisi normal. Bahkan wanita yang menyusui pun sering memiliki keinginan kuat untuk segera membuat ideal tubuh mereka pasca melahirkan. Namun para ibu menyusui tak boleh sembarangan menggunakan suatu metode diet hanya karena metode itu efektif menurunkan berat badan. Penting untuk diperhatikan bahwa ibu menyusui memerlukan pasokan nutrisi lebih sebab mereka pun harus memberikan nutrisi kepada buah hatinya lewat air susu.
Tips Cara Diet untuk Ibu Menyusui yang Efektif dan Aman,

Cara diet untuk ibu menyusui dengan menyedikitkan kalori makanan yang masuk jelas tak disarankan, sebab bisa memberi pengaruh pada kuantitas dan kualitas ASI yang dikeluarkan. Supaya ASI selalu terjamin maka para wanita menyusui hendaknya memperbanyak masukan setiap harinya kurang lebih 300 kkal. Lantas adakah cara diet untuk ibu menyusui yang aman tetapi tetap bisa menyusui dengan normal? Bila anda pun menghadapi kondisi seperti ini, sejumlah tips berikut ini bisa anda coba :

1. Konsumsi lebih banyak jenis sayur-sayuran, buah-buahan, makanan dengan karbohidrat komplek, susu skim, makanan dengan kadar protein tinggi namun sedikit lemak dan asupan cairan yang mencukupi. Misalnya para ibu menyusui bisa mengkonsumsi susu low fat, ayam tanpa kulit, telur, ikan, tahu tempe dan kacang-kacangan.

2. Tinggalkan makanan fast food dan makan dengan takaran sedikit namun sering. Umumnya sebanyak 6 kali makan berupa 3 kali makan utama berupa makan pagi, makan siang dan makan malam. Sedangkan 3 kali lainnya berupa cemilan sehat. Jangan mengobati stres dengan mengkonsumsi makanan, akan tetapi sembuhkan lewat bermain-main dengan si kecil atau membawa sang bayi alan-jalan. Selain stres yang akan berkurang juga ikut berperan membakar kalori.

3. Tetap memberikan ASI hingga umur bayi 2 tahun sebab tubuh ibu menyusui akan menghasilkan hormon yang bisa berperan dalam menurunkan berat badan sekaligus memulihkan bentuk badan kembali seperti semula. Malah sejumlah studi menyatakan bahwa menyusui akan merangsang tubuh membakar kurang lebih 300 hingga 500 kkal setiap harinya. Itu menyamai dengan olahraga bersepeda sekitar 1 jam.

4. Kegiatan olahraga ada baiknya dijalankan sesudah kelar menyusui, guna meredakan rasa tak nyaman pada payudara. Saat berolahraga kenakan baju yang memang dirancang bagi ibu menyusui.

5. Awali dengan gerakan ringan antara lain berjalan-jalan. Bisa juga olahraga berjalan ini dijalankan dengan si bayi sembari berjemur matahari pagi. Olahraga pilihan lain misalnya bersepeda maupun berenang. Kerjakan hal itu dengan nyaman. Kalau sudah beberapa kali dijalankan dan nyaman, intensitas dan waktu olahraga boleh ditambah dengan bertahap. Contohnya melakukan latihan guna menguatkan dinding perut, dsb. Akan tetapi bila terjadi nyeri atau sesak napas, cepat sudahi latihan anda kemudian konsultasikan dengan dokter.

6. Upayakan menjalankan aktifitas tersebut dengan teman yang lain atau ikut klub olahraga supaya tak jenuh. Serta jangan lalai untuk sering-sering konsumsi air minum pada waktu menjalankan olahraga ini.

Tips Cara Diet untuk Ibu Menyusui yang Efektif dan Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: erick rezi