Tips Diet Tanpa Garam

loading...

Tips Diet Tanpa Garam - Kebanyakan orang makan lebih banyak garam dari yang mereka butuhkan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan jumlah garam dalam makanan yang Anda konsumsi, anda bisa mencoba diet tanpa garam. Ada banyak keuntungan dari diet tanpa garam ini, namun yang sangat penting untuk diperhatikan adalah diet ini harus dengan pengawasan dokter. Sebab garam dan juga gula tetap diperlukan oleh fungsi basal tubuh.
diet tanpa garam dan minyak,menu diet 13 hari tanpa garam,nasi dan garam,mentega tanpa garam,resep tanpa garam,masakan tanpa garam,tips diet tanpa olahraga,tanpa lapar,

Asupan gula dan garam memang seharusnya dikurangi. Beberapa sebab menjadi alasan mengapa keduanya mesti dibatasi dan menjadi sumber penyakit adalah sebab utamanya. Namun tidak serta-merta gula dan garam mesti ditinggalkan sama sekali sebab tanpa konsumsi gula dan garam sedikitpun maka tubuh manusia malah tak akan bekerja dengan baik. Pusat syaraf manusia memerlukan gula untuk berfungsi.

Orang yang menjalankan diet karbohidrat yakni tak mengkonsumsi karbohidrat sedikitpun tentu mengalami kekurangan gula. Jika ada diet karbohidrat hanya mengharuskan konsumsi daging saja kita harus berhati-hati. Bila tak ada gula maka pusat susunan syaraf tak mampu berfungsi dengan optimal. Dampaknya orang akan mengalami masalah antara lain tak mampu fokus sampai tubuh lemas. Begitupun dengan garam, orang tak bisa serta-merta menyingkirkan garam dari makanan yang dimakan. Tubuh tetap membutuhkan agar agar bisa berfungsi. Bisa dikatakan tubuh tanpa garam maka setrum listrik tak akan berjalan dan jika tubuh tak ada aliran listrik maka serangan jantung bisa saja muncul. Alih-alih menjadi sehat, diet tanpa garam dengan tanpa pengawasan dokter maka malah akan mencelakakan.

Lalu bagaimana seharusnya melakukan diet tanpa garam yang aman? Ikuti beberapa tips berikut ini :

1. Pilih makanan segar dan bukannya makanan olahan.
Atau periksa Nutritions Fact untuk mengetahui jumlah garam. Pilih makanan dengan komposisi hanya 5% Nilai Harian (DV) atau kurang. Atau pilih makanan berlabel "rendah sodium," "mengurangi natrium," atau "tidak ditambahkan garam."

2. Pilih sayuran dan buah-buahan segar atau beku.
Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan segar, seperti apel, jeruk dan pisang. Begitupun dengan sayuran segar, seperti bayam, wortel, atau brokoli. Selain itu anda bisa memilih sayuran beku tanpa ditambahkan saus, sayuran kaleng rendah garam atau tidak ditambahkan garam sama sekali, Jus sayuran rendah sodium, buah beku atau kering (tanpa gula), buah kaleng (dikemas dengan penambahan air atau 100 % berbentuk jus)

3. Ketika Anda memasak nasi atau pasta jangan tambahkan garam.

4. Pilih daging segar bila memungkinkan.
Beberapa daging segar telah ditambahkan garam, jadi selalu periksa label yang tertera. Anda pun bisa mengkonsumsi ikan, kerang ayam tanpa kulit

5. Pilih susu bebas lemak atau rendah lemak dan yogurt.
 Pastikan untuk memeriksa label pada keju sebab bisa saja kadar garamnya tinggi. Susu dan yogurt merupakan sumber potasium yang baik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

6. Ketika Anda memasak gunakan bahan-bahan rendah garam atau tidak mengandung garam sama sekali.
Misalnya margarin tawar, minyak nabati (canola, olive, minyak kacang tanah atau minyak wijen), mayones ringan, salad dressing dan cuka.

7. Cobalah bumbu bukan garam berikut ini untuk membumbui makanan Anda.
Herbal, rempah-rempah, campuran bumbu tanpa garam, bawang putih, bawang merah, paprika, lemon atau limau dan jahe.

Tips Diet Tanpa Garam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: erick rezi