Tips Memilih Roti Gandum untuk Diet

loading...

Tips Memilih Roti Gandum untuk Diet - Mungkin anda tidak menyadari jika makanan diet sehat dapat saja berbalik menjadi penghambat utama upaya mengurangi berat badan. Berlindung dibelakang kata rendah kalori, rendah lemak ataupun bebas gula menjadikan Anda bebas saja mengkonsumsi tanpa aturan. Salah satunya adalah roti gandum untuk diet. Gandum dengan kandungan serat adalah kunci saat kita berencana makan roti ketika diet. Mendapatkan roti gandum berserat saat ini pun mudah. Beberapa bakery sudah menjualnya begitupun di sejumlah minimarket yang ada.
manfaat roti gandum untuk diet,merk roti gandum untuk diet,resep roti gandum,jenis roti,harga roti gandum,breadtalk,utuh,tawar untuk roti bakar,

Akan tetapi tetap kita mesti teliti dengan roti gandum. Sebab warna cokelat roti gandum boleh jadi disebabkan penambahan molases yakni semacam produk gula tebu. Sekalipun yang dipakai termasuk tepung gandum kaya serat namun kandungan seratnya rendah. Jika demikian Anda cuma akan memperoleh karbohidratnya saja.

Roti gandum terbagi menjadi dua macam yakni roti gandum penuh (whole wheat bread) dan roti gandum putih (white bread). Roti gandum putih diproduksi dari biji-bijian gandum yang digiling dan berwarna putih atau populer sebagai tepung terigu. Sementara roti gandum penuh diproduksi dari biji-bijian gandum yang digiling namun masih menyisakan butiran dedak (whole wheat coarse). Roti gandum penuh ini memiliki kandungan unsur vitamin, mineral dan serat pangan lebih banyak ketimbang roti gandum putih.

Roti gandum untuk diet yakni roti gandum penuh ini. Pada berat yang sama dengan roti gandum putih, roti gandum penuh memiliki kandungan serat pangan lebih banyak. Dietary Fibre dikategorikan sebagai karbohidrat akan tetapi tak dapat diurai, artinya kadar kalorinya menjadi rendah. Umumnya pihak pabrik akan menempelkan keterangan whole wheat bread di kemasannya. Tetapi dengan merasakan tekstur dan citarasanya, Anda pun dapat mengidentifikasi roti jenis ini. Roti tepung gandum utuh ini mempunyai tekstur butiran yang kasar. Jika dimakan muncul sedikit rasa asam. Dietary fibre dan vitamin B kompleks di dalamnya lebih besar dibanding roti putih.

Meski sudah menggunakan roti gandum untuk diet dari jenis whole wheat bread namun disebabkan kadar serat di dalamnya memberi pengaruh pada tekstur dan rasa maka seringnya para pelaku diet malah menambahkan topping berupa margarin, mentega atau jam lebih banyak guna menyamarkan cita rasa tadi. Alhasil diet kalori yang tujuannya dibatasi malah meningkat dari topping yang digunakan. Untuk itu bila anda sedang melakukan diet dengan roti gandum, sedikitkan penggunaan topping atau pakai topping dengan kandungan kalori yang juga rendah.

Diet dengan mengkonsumsi roti gandum dari jenis whole wheat bread selain bisa menurunkan berat badan juga akan memperoleh manfaat lain yaitu bisa mengendalikan kadar gula dalam darah dan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Anda bisa memulainya dengan menyantap 1 lembar roti gandum dengan olesan mentega, selai kacang, selai buah atau meses tabur sebagai menu sarapan. Untuk siangnya bisa menyantap nasi merah dengan lauk dan untuk malamnya sama dengan menu sarapan.

Tips Memilih Roti Gandum untuk Diet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: erick rezi