Tips Pola Makan Sehat untuk Diet

loading...

Tips Pola Makan Sehat untuk Diet - Mungkin kita tidak bercita-cita punya tubuh nyaris sempurna bagaikan dewi kayangan dengan menjalankan pola makan sehat untuk diet, tetapi tidak berarti kita harus sembrono dalam hal diet. Kiatnya sederhana saja, tidak usah membaca teori di buku atau mendengarkan kaset berisi nasihat panjang lebar dari para ahli atau berkutat mempelajari hasil penelitian gizi di aneka terbitan. Mulai saja menyantap sebanyak mungkin makanan mentah, alami dan segar. Makanlah hanya ketika merasa lapar, dan pilihlah makanan yang betul-betul ingin kita makan, bukan yang seharusnya kita makan. Percayalah, hasilnya adalah tubuh yang kita inginkan. Selanjutnya, mari simak kiat-kiat berikut ini :
pola makan sehat untuk menurunkan berat badan,penderita diabetes,anak,remaja,menambah berat badan,pola makan untuk diet cepat,untuk diet ketat,

1. Sarapan setiap hari
Alasannya sederhana. Tubuh kita perlu bahan bakar di pagi hari. Bukan saja karena sudah berhenti makan sejak 10 jam yang lalu, tetapi juga penelitian membuktikan bahwa oran-orang yang berangkat kerja tanpa sarapan pagi mengalami kesulitan untuk memusatkan pikiran, kemudian makan berlebih di siang hari, dan lebih suka mengemil sepanjang hari karena mereka belum melakukan "pemanasan" mesin metabolisme tubuh mereka. Kalau kita tidak merasa lapar di pagi hari, atau memang tidak sempat sarapan, mudah saja, ciptakanlah kebiasaan untuk selalu sarapan.Siapkan saja bahan untuk sarapan sejak malam sebelumnya, atur beker 15 menit lebih pagi, dan paling tidak minumlah segelas sari buah sebelum meninggalkan rumah. Menurut para pakar, kalau kita menjalankan hal ini selama seminggu, pada minggu berikutnya kita akan siap menambahkan selembar roti panggang atau semangkuk kecil bubur gandum, lalu tanpa kita sadari kita sudah sarapan yang benar dan baik.

2. Menyantap protein setiap hari
Demi pembentukan tulang, gigi, kuku, serta rambut yang sehat, minimal 25% dari makanan kita harus mengandung protein. Protein merupakan unsur yang sangat penting untuk kesehatan darah dan stabilitas kadar gula dalam darah. Sumber protein yang terbaik adalah ayam, ikan, produk kedelai, susu, dan telur. Diet yang cukup protein dapat mengendalikan nafsu makan dan merangsang hormon glukagon yang bertugas membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, jika orang yang sering mengantuk di sore hari makan santapan siang yang cukup protein, maka energinya akan lebih stabil hingga waktu makan malam tiba.

3. Menyantap karbohidrat setiap hari
Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana bisa diperoleh dari semua jenis padi-padian yang telah diproses, sehingga bukan lagi berbentuk padi-padian murni, contohnya roti atau pasta. Jika kita terlalu banyak menyantap karbohidrat jenis ini, kita akan merasa cepat letih dan loyo, karena terlalu cepatnya proses perubahan karbohidrat menjadi zat gula dalam darah. Agar kita bisa berhasil menurunkan berat badan dan menjadi sehat, pakar nutrisi menyarankan agar kita menyantap kedua jenis karbohidrat ini. Sepertiga bagian karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sayuran dan padi-padian murni, dan dalam porsi yang lebih sedikit karbohidrat sederhana, yakni kentang, nasi, atau pasta.

4. Mengasup lemak setiap hari
Tidak semua makanan berlemak berakibat buruk bagi tubuh kita. Tubuh kita bahkan membutuhkan lemak tak jenuh untuk pertumbuhan sel, kesuburan, siklus haid yang baik, dan kulit yang sehat. Lemak tak jenuh juga berguna untuk daya kerja hormun dan pembentukan tulang yang kuat. Artinya kita tidak dapat menghapus semua jenis lemak dari asupan harian kita. Kalau kita masih juga tergoda ingin makanan berminyak, ingat saja lemak tak jenuh bisa membantu kita menurunkan berat badan dengan cara mengubah rasa lapar. Lemak tak jenuh yang paling baik adalah asam lemak Omega 3 dan 6 yang terdapat dalam minyak ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dampak kekurangan lemak terlihat pada keringnya kulit, kurang bertenaga, dan mudah uring-uringan. Sementara itu lemak jenuh terdapat dalam daging, mentega, dan margarin. Semua bahan ini mengandung zat lemak yang buruk yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, oleh sebab itu kita harus berhati-hati memasukkannya ke dalam pola makan sehat untuk diet kita.

Tips Pola Makan Sehat untuk Diet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: erick rezi